Latar Belakang dan Arti Lambang Al-Ma'muniyah

A. LATAR BELAKANG

Yayasan Al-Ma'muniyah mulai didirikan pada bulan Oktober 1987 M, yang di Pelopori oleh Drs. H. Ach Bujaerimi dan Drs. H. Abdullah serta H. Husnata. Nama Al-Ma'muniyah diambil dari nama ayah sang pelopor sendiri yang bernama K.H. Moh Ma'mun.

Yayasan Al-Ma'muniyah didirikan di kampung Pasirgadung Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang yang masih Propinsi Jawa Barat.

Dan diresmikan oleh Bapak H. Husnata Selaku Kepala desa Pasirgadung Atas nama Bapak Camat Kecamatan Cikupa.

Pada tanggal 20 bulan Oktober tahun 1989 baru mendapatkan izin Operasional (Akte Notaris) dari Departemen Agama DT II Kab. Tangerang dan pusat bandung dengan jumlah 36 orang putra-putri.

K. H. Moh Ma'mun lahir pada tanggal 14 juli 1934 dari rahim ibunya yang bernama ibu Sawiti. Beliau seorang tokoh agama yang paling segani oleh lawannya pada saat itu.

H. Ach Bujaerimi merupakan penerus cita-cita ayahnya. Maka sebelum beliau memimpin yayasan ini beliau dibina dipesantren Cerewet Cikupa yang diasuh oleh K.H. Idris. Lalu beliau meneruskan lagi mondok diipesantren Barugbug Ciomas Serang yang kemudian meneruskanlagi kepesantren Cikaduen Pandegelang pada tahun 1940-1949 dibawah pimpinan K.H. Syafe'I memudian pulang kelahirannya dengan membawa yang mempunyai banyak bekal untuk memulai peran karirnya selama menuntut ilmu agama dengan mendirikan Pondok Pesantren dan Madrasah yang tidak resmi dengan system pendidikan agama ala diniyah sampai tahun 1981.

Drs. H. Ach Bujaerimi berorientasi bahwa pendidikan Umum itu saja tidak cukup didapat. Kemudian pada tahun 1987 atas ide atau gagasan beliau baru mengadakan Madrasah Lanjutan Keagamaan yang kita sebut sekarang Madrasah Tsanawiyah. Kemudian beliau berjuang bahu membahu dengan dua sahabatnya memulai mendirikan sebuah madrasah lanjutan sampai meningkat Madrasah Aliyah dan juga Madrasah Ibtidaiyah.
 B. Arti Lambang



1. Bentuk Lambang dari garis cembung membentuk lima sudut melambambangkan 5 sila dalam Pancasila dan 5 rukun dalam Rukun Islam

2. Kitab Al-Qur'an terbuka melambangkan dasar keilmuan yang secara Global dan Unifersal.

3. Di Al-Qur'an terdapat kitab berjajar melambangkan kesatuan iman dan islam serta ikhsan yang mengacu kepada Al-Qur'an, Al-Hadis, Ijma dan Qiyas

4. Diatas Kitab terdapat Pena Melambangkan belajar dan menuntut ilmu dalam bentuk Ikhtiyar

5. Lingkaran adalah melambangkan subuah naungan yang berpedoman agama dalam mengusung visi dan Misi Al-Ma'muniyah

6. Bintang yang berjumlah sembilan melambangkan Garis-garis Besar haluan Ahlus Sunnah Wal Jamaah.

7. Tali tambang Melingkar Melambangkan Persatuan dan kesatuan yang kuat dengan perpegang teguh kepada agama islam

Siapa Guru Terbaik ?


Chattingan MUNTEK widget!

button